Senin, 16 Februari 2015

Lagu Suka-Suka (1)


Sumber gambar:
 https://cnbstorm.files.wordpress.com/2011/12/20111205_cnblue_724484_5.jpg
Ada sebuah tantangan yang saya buat untuk diri saya sendiri, yaitu menuliskan tentang lagu-yang-paling-sering-didengar dalam hari-hari belakangan. Niat pertamanya sih seminggu sekali mau review, tapi daripada pasang target terlalu tinggi di awal dan gagal dilakukan, saya pilih yang lebih santai saja : dua minggu sekali untuk menuliskan tentang most-played-songs-recently versi saya. Dari sekian banyak lagu, saya menyadari bahwa beberapa hari belakangan paling sering mendengarkan musik dari grup band (bukan boyband) Korea bernama CN BLUE.

Yang saya nikmati dari musik mereka jelas bukan liriknya, tapi aransemennya yang menghentak-hentak tapi selalu terdengar manis. Kesukaan ini berawal dari rasa penasaran dengan salah satu supporting actor yang berperan sebagai anak SMA pindahan dari Jepang di film Gentlemen’s Dignity (di film itu ia berperan sebagai Colin), yang kemudian saya ketahui dia anggota sebuah band bernama CN BLUE. Suatu kali sebelum tidur, saya iseng buka youtube dan menyaksikan beberapa rekaman video konser mereka.  Berbeda dengan konser boyband-hobi-joged yang selalu riuh dengan penari latar, kostum warna-warni, dan lampu sorot yang gemerlapan, anggota CN BLUE tidak pernah terlihat terlalu cetar dengan semuanya itu tapi tetap enak dilihat terlepas dari wajah mereka yang kebetulan juga ganteng.  
Kalau biasanya lagu Korea didominasi suara mendayu-dayu, baik penyanyi laki-laki maupun perempuan, lead vocal  CN BLUE, Jung Yong Hwa, bisa memberikan nuansa enerjik di setiap lagunya walaupun lagunya lagu sendu. Kemampuan penguasaan panggung Yong Hwa patut diacungi jempol selain timbre vokalnya yang garang dan stabil serta tingkah atraktifnya sepanjang melakukan konser. Sayangnya, waktu mereka tur dan mampir ke Indonesia, saya sama sekali belum mengenal mereka, jadi pengetahuan saya baru terbatas pada video konser mereka yang terrekam melalui youtube  dan itulah kesimpulan kecil yang bisa saya tarik terkait dengan penampilan live mereka.
Mencoba tidak mainstream tapi tetap mainstream, saya mengidolakan pengisi posisi gitar melodi sekaligus vokalis nomor 2 di band, Lee Jong Hyun, alih-alih mengidolakan Yong Hwa si vokalis utama. Orang ini-lah yang saya lihat di drama Korea “Gentlemen’s Dignity” yang saya sebut di atas tadi. Entah kenapa dari jaman film drama Taiwan, Meteor Garden, saya paling lemah kalau melihat pemeran utama ke-2 yang karakternya dingin, (tampak) pemalu, biasa-biasa, tak banyak bicara tapi sekalinya bicara selalu bikin lilin tetangga ikut meleleh (agak lebay, but yes, it is!) semacam Hua Ce Lei. Di mata saya yang hanya sebatas fans kemarin sore, Lee Jong Hyun memiliki porsi seperti Hua Ce Lei dalam grup CN BLUE-nya. Bedanya, Jong Hyun ini lebih jago main gitar.
Dua personil lain, Kang Min Hyuk (drummer) dan Lee Jung Shin (bassist) memainkan bagiannya dengan sangat baik, Di beberapa lagu, drummer dan bassist  CN BLUE ini bahkan ikut menunjukkan kualitas vokal mereka. Bayangkan seorang drummer ikut menyanyi sebanyak porsi vokalis utama (yang mana jarang sekali dilakukan), dilakukan oleh Kang Min Hyuk sambil duduk dan menggebuk drum dengan cukup stabil (bisa lihat di salah satu edisi Live concert CN BLUE, lupa tempatnya, waktu menyanyikan lagu OST Heartstring-You’ve Fallen For Me). Yong Hwa, yang piawai melantunkan berbagai genre lagu mulai dari sendu, rock, hingga rap, sering kali pula dibantu oleh Lee Jung Shin sang bassist dalam melafalkan bait-bait dalam irama rap.
Sekali lagi, lupakan tentang lirik yang biasa-biasa saja. Ketika sedang penat dan hanya ingin mendengar alunan musik yang menyenangkan tanpa harus berpikir apa-apa, lagu-lagu CN BLUE lumayan untuk dimasukkan playlist. Beberapa lagu di bawah ini jadi favorit saya :
-       Lie : lagu ini dibuat dalam versi Bahasa Jepang. Porsi vokal dibagi sama rata antara Yong Hwa dan Lee Jong Hyun, dengan beberapa bagian yang saling berkejaran dan bertumpukan hingga menghasilkan akhir refrain yang klimaks.  
-       Go Your Way : Sama seperti “Lie” yang dibawakan dalam versi Bahasa Jepang, lagu ini dilantunkan dengan ritme sedang di bagian pembuka oleh Yog Hwa, perlahan digantikan oleh Lee Jong Hyun dengan irama sedikit lambat, lalu menjadi lebih cepat saat mencapai refrain. Entah kenapa, menurut saya lagu ini lucu. Hihi.
-       I’m Sorry : lagu rock yang terdengar sedih.  
-       Love Girl : lagu manis dengan nada-nada genit.
-       Love Light : lagu dengan ritme lambat, tapi cukup sangar saat dimainkan dalam versi rock di salah satu konser mereka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar